Tips Agar Produksi ASI Tetap Banyak

Tips Agar Produksi ASI Tetap Banyak

Tips produksi ASI tetap banyak – Bagi ibu menyusui, berkurangnya ASI adalah kondisi yang bisa membuat khawatir. Apalagi jika sang Ibu bercita-cita ingin memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Sebenarnya untuk menjaga agar produksi ASI tetap banyak tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Ada banyak cara untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu. Dan artikel ini akan memberikan tips agar ASI tetap banyak.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi ASI

Sebelum mengetahui cara meningkatkan produksi ASI, ada baiknya jika Ibu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menentukan banyak dan sedikitnya ASI:

  • Makanan. Pola makan yang teratur dan diiringi dengan makanan yang bergizi akan sangat mempengaruhi produksi ASI.
  • Ketenangan Jiwa dan Pikiran. Untuk memproduksi ASI yang lebih baik, maka kondisi pikiran harus tenang. Keadaan psikologis Ibu akan berpengaruh terhadap banyaknya Air Susu Ibu.
  • Penggunaan Alat Kontrasepsi. Telitilah sebelum menggunakan alat kontrasepsi karena itu bisa berpengaruh pada produksi ASI. Tanyakan pada dokter apakah alat kontrasepsi yang Ibu gunakan mempengaruhi ASI atau tidak.
  • Pola Istirahat. Faktor istirahat juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Apabila Ibu terlalu capek produksi ASI berkurang.
  • Konsumsi Rokok dan Alkohol. Merokok dapat membuat produksi ASI berkurang, hal tersebut dikarenakan terganggunya hormon prolaktin dan oksitosin yang berperan dalam memproduksi ASI. Sama halnya dengan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Setelah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI di atas, tentu akan lebih mudah untuk meningkatkan produksi ASI. Selanjutnya, berikut ini adalah kiat-kiat praktis untuk memperbanyak Produksi ASI.

Cara Meningkatkan Produksi ASI

  • Tingkatkan frekuensi menyusui, memompa, atau memeras ASI. Jika bayi belum mau menyusui karena masih kenyang, perah atau pompalah ASI. Produksi ASI, prinsipnya adalah based on demand, yaitu jika makin sering diminta untuk disusui makan makin banyak produksinya.
  • Ibu harus dalam keadaan Rileks. Kondisi Ibu menyusui sangat menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Di sini sangat membutuhkan peran dan dukungan suami untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi Ibu agar tetap rileks.
  • Ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi, khususnya yang dapat meningkatkan Air Susu Ibu sepert sayur katuk.
  • Lakukan perawatan payudara dengan baik.
  • Istirahat yang cukup untuk Ibu menyusui.
  • Hindari pemberian susu formula. Seringkali orangtua merasa bahwa ASInya masih sedikit atau takut anak tidak kenyang, sehingga memberikan susu formula. Padahal pemberian susu formula itu justru menyebabkan produksi ASI berkurang. Bayi yang dikasih susu formula relatif akan malas menyusui, dan bisa menyebabkan bingung puting jika pemberiannya dilakukan dengan dot. Ingatlah prinsip based on demand, jika bayi malas menyusui tentu akan mengurangi produksi ASI.

Sekian tips agar produksi ASI tetap banyak yang bisa diberikan pada artikel ini. Semoga Ibu diberi kekuatan untuk memberikan makanan alami yang terbaik untuk Bayi, yaitu ASI.